Alamat

Jl. Tambak No. 18, Pegangsaan

Kec. Menteng, Jakarta Pusat

DKI Jakarta 10320

Breadcume here >

Dokter Spesialis Kulit RSIA Tambak

Dokter Spesialis Kulit dapat menangani berbagai permasalah dermatologis sesuai dengan gejala maupun penyebabnya. Selain memberikan pengobatan, dokter ahli juga akan menyarankan hal-hal yang perlu dilakukan agar gejalanya tidak timbul kembali. Penyebab paling umum gejala-gejala dermatologis adalah kurangnya menjaga kebersihan. Oleh sebab itu, sangat penting untuk menjaga kebersihan sebagai pencegahan agar gejalanya tidak timbul kembali. Penyakit pada kulit sendiri sangat beragam tergantung dengan faktor penyebabnya seperti infeksi bakteri, kuman, jamur, juga virus. Pengobatan perlu dilakukan sesuai dengan faktor penyebab dan tingkat keparahan infeksi menyerang tubuh.

Faktor Infeksi Kulit, Gejala dermatologis pada pasien

Seperti telah dijelaskan sebelumnya, terdapat beberapa faktor yang memicu munculnya infeksi pada kulit. Berikut adalah faktor yang menyebabnya munculnya gejala dermatologis pada pasien.

1.      Kuman

Kuman atau parasit dapat bersembunyi dan berkembang di bawah lapisan kulit, jika terus dibiarkan maka bisa menyebabkan infeksi pada kulit. Faktor penyebab penyakit dermatologis ini dapat menyebar melalui aliran darah maupun organ lainnya. Ada cukup banyak infeksi kulit yang terjadi akibat adanya perkembangbiakan parasit. Beberapa di antaranya seperti kusta, skabies, cacing kulit, kutu rambut, dan lainnya sehingga perlu pengobatan segera sebelum menjadi parah.

2.      Bakteri

Bakteri dapat terjadi dan menyebabkan infeksi pada kulit saat masuk dalam jaringan melalui luka terbuka maupun goresan. Ada beberapa contoh penyakit yang disebabkan oleh bakteri seperti bisul, impetigo, selulitis, dan lainnya. Penanganan penyakit dermatologis akibat bakteri adalah dengan menggunakan antibiotik baik topikal maupun oral. Konsumsi antibiotik sendiri tidak boleh dilakukan sembarangan dan harus menggunakan resep dokter terlebih dahulu.

3.      Jamur

Infeksi kulit juga bisa disebabkan oleh jamur, umumnya karena produksi keringan berlebihan serta kurang menjaga kebersihan tubuh. Penyakit dermatologis yang disebabkan oleh jamur tidak berbahaya maupun menular, namun bisa menyebabkan gatal dan tidak nyaman. Pengobatan penyakit dermatologis pada jamur dapat ditangani menggunakan obat antijamur terutama topikal seperti krim maupun salep. Obat antijamur sendiri bekerja dengan menghancurkan dinding sel jamur dan mengambat pertumbuhan sel baru.

4.      Virus

Virus merupakan salah satu faktor penyebab penyakit dermatologi yang cukup umum terjadi, misalnya seperti cacar air, campak, dan lainnya. Ada beberapa jenis virus yang sering menginfeksi pasien seperti poxvirus, papillomavirus hingga herpes. Infeksi kulit yang disebabkan oleh virus sendiri sangat cepat penyebarannya, oleh sebab itu harus segera ditangani oleh dokter. Nantinya, dokter akan memberikan obat antivirus untuk mengurangi gejalanya serta membasmi virusnya. Jika Anda membutuhkan penanganan berbagai penyakit dermatologis, maka bisa langsung mendatangi rsiatambak.com. Kami memberikan pelayanan terbaik serta dokter ahli yang bekerja profesional untuk keselamatan pasien. Adanya banyak faktor penyebab penyakit dermatologis, sehingga harus segera ditangani dengan tepat agar tidak semakin parah. Penanganan dari dr Spesialis Kulit menggunakan pemeriksaan yang detail sehingga dapat diobati dengan baik. Segera periksakan diri Anda jika mengalami gejala yang tertera di atas. Dokter Spesialis Kulit dari RSIA Tambak merupakan dr kulit terbaik di jakarta.