Alamat

Jl. Tambak No. 18, Pegangsaan

Kec. Menteng, Jakarta Pusat

DKI Jakarta 10320

Breadcume here >

USG Kehamilan di Rumah Sakit Jakarta

Kehamilan adalah salah satu momen paling istimewa dalam kehidupan seorang perempuan. Selama masa ini, para ibu berharap mendapatkan perawatan terbaik untuk memastikan kesehatan dan perkembangan janin yang optimal.

Salah satu metode yang paling umum digunakan untuk memantau perkembangan janin adalah Ultrasonografi (USG) kehamilan. USG adalah teknik medis yang menggunakan gelombang suara untuk menghasilkan gambaran struktur dalam tubuh.

Di Jakarta, terdapat sejumlah rumah sakit yang menyediakan layanan USG kehamilan yang berkualitas. Jika Anda membutuhkan layanan USG kehamilan di rumah sakit Jakarta, maka salah satu rekomendasi solusi terbaiknya adalah RSIA Tambak.

RSIA Tambak, Layanan Medis Profesional untuk Ibu dan Anak

RSIA Tambak merupakan salah satu Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) swasta di Jakarta yang menawarkan pemeriksaan USG kehamilan berkualitas. Sesuai namanya, rumah sakit ini memiliki reputasi yang baik dalam memberikan layanan kesehatan bagi ibu dan anak.

Hal ini didukung oleh kelengkapan fasilitas modern dan peralatan medis terkini, termasuk mesin USG canggih. Selain itu, tenaga medis yang bekerja di RSIA Tambak adalah profesional yang berpengalaman dan terlatih, khususnya dalam bidang obstetri serta ginekologi.

Secara keseluruhan, rumah sakit kami juga menawarkan suasana nyaman yang ramah bagi ibu hamil. Dengan berbagai fasilitas lengkap tersebut, pasien dapat segera mendapatkan perawatan medis jika terjadi situasi darurat.

Layanan USG Kehamilan di Rumah Sakit Jakarta RSIA Tambak

Ultrasonografi merupakan salah satu metode pemeriksaan penting dalam memantau perkembangan janin selama kehamilan. Dengan tim Kebidanan dan Penyakit Kandungan yang terdiri dari dokter profesional, RSIA Tambak menawarkan layanan USG lengkap.

Kami memahami bahwa pemeriksaan Ultrasonografi yang informatif serta akurat sangat krusial bagi para ibu hamil. Oleh karena itu, rumah sakit ini menyediakan berbagai jenis layanan pemeriksaan USG yang meliputi:

1. USG 4 Dimensi

Ibu hamil dapat melihat bayinya dalam bentuk gambar tiga dimensi dengan gerakan realistis. Pemeriksaan ini memberikan pengalaman mendalam bagi orang tua untuk melihat wajah serta gerakan janin mereka.

2. USG 3 Dimensi

Memberikan gambar 3D yang lebih jelas dan mendetail dari bayi dalam kandungan. Dengan teknologi ini, dokter dapat melihat struktur tubuh janin dengan lebih baik, sehingga memungkinkan deteksi dini kelainan bawaan atau masalah kesehatan lain.

3. USG 2 Dimensi

Adalah jenis pemeriksaan USG paling umum. Meskipun hanya memberikan gambar dalam dua dimensi, pemeriksaan ini tetap penting untuk melihat perkembangan janin, mengukur ukuran janin, memeriksa organ vital, serta menentukan posisi bayi.

4. USG Transvaginal

Dilakukan dengan cara memasukkan probe kecil ke dalam vagina. Metode ini memberikan gambaran lebih jelas dan detail pada tahap awal kehamilan, terutama untuk mendeteksi kemungkinan masalah seperti kehamilan ektopik atau pendarahan.

5. USG Detail Scan

Adalah pemeriksaan mendalam untuk mengevaluasi organ-organ bayi secara rinci. Dengan ini, dokter dapat memeriksa struktur anatomi janin, termasuk otak, jantung, tulang belakang, dan organ lain untuk memastikan perkembangannya normal.

6. USG Fetal Echocardiography

Lebih difokuskan pada evaluasi kesehatan jantung janin. Menggunakan gelombang suara, dokter dapat mendeteksi jika terdapat kelainan jantung pada janin agar dapat memberikan perawatan yang diperlukan.

USG Kehamilan
USG Kehamilan di Rumah Sakit Jakarta
Rumah Sakit Penyedia Dokter Fetomaternal

https://rsiatambak.comPentingnya Pemeriksaan USG Kehamilan

Setelah membahas lebih rinci terkait layanan USG kehamilan di RSIA Tambak, sebaiknya ketahui pula apa saja pentingnya melakukan pemeriksaan Ultrasonografi bagi ibu hamil. Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa Ultrasonografi sangat penting untuk dilakukan:

1. Konfirmasi Status Kehamilan

Pemeriksaan USG kehamilan pertama kali digunakan untuk mengonfirmasi status hamil atau tidaknya seseorang. Melalui USG, dokter dapat memastikan adanya kehamilan normal serta memeriksa tanda-tanda pertumbuhan janin yang sehat.

2. Memantau Pertumbuhan dan Perkembangan Janin

Melakukan Ultrasonografi secara rutin memungkinkan dokter memantau pertumbuhan dan perkembangan janin. Di antaranya yaitu mengukur ukuran janin, memeriksa organ vital, serta memastikan bahwa pertumbuhan janinnya sesuai dengan usia kehamilan.

3. Deteksi Dini Penyakit atau Kelainan Bawaan

Melalui prosedur ini, dokter juga dapat mendeteksi dini kelainan bawaan atau masalah kesehatan lainnya pada janin. Deteksi dini ini dapat membantu merencanakan perawatan yang tepat, baik sebelum maupun sesudah melahirkan.

4. Evaluasi Kondisi Kesehatan Plasenta

Selanjutnya, USG penting untuk mengevaluasi kesehatan plasenta, organ penting penyedia nutrisi dan oksigen kepada janin. Selain itu, beberapa jenis USG dapat digunakan mengukur aliran darah plasenta dan memastikan bahwa janin menerima pasokan darah yang cukup.

5. Prediksi Usia Kehamilan dan Deteksi Kehamilan Ganda

Melalui Ultrasonografi, dokter dapat menentukan usia kehamilan secara lebih akurat. Selain itu, prosedur ini juga dapat digunakan untuk mendeteksi kehamilan ganda (hamil bayi kembar), yang membutuhkan perawatan serta pemantauan lebih intensif.

6. Membantu Persiapan Persalinan

Terakhir, pemeriksaan USG kehamilan menjelang masa persalinan dapat memberikan informasi penting bagi persiapan persalinan. Dokter dapat mengevaluasi posisi janin, melihat perkiraan berat bayi, serta menentukan cara persalinan paling aman bagi ibu serta bayinya.

Karena 6 alasan pentingnya prosedur pemeriksaan Ultrasonografi di atas, RSIA Tambak berkomitmen untuk selalu memberi layanan kesehatan terbaik bagi ibu hamil. Untuk itu, kami juga menyediakan berbagai layanan medis khusus ibu dan anak yang lainnya.

Di antaranya seperti pemeriksaan kehamilan menggunakan metode USG dan CGG, layanan onkology, pengecekan infertilitas, pap smear, dan masih banyak lagi. Melalui waktu pelayanan 24 jam sehari, ibu hamil dapat mendapatkan perawatan kapan saja dibutuhkan.

Dengan fasilitas lengkap, peralatan medis mutakhir, serta tenaga medis yang berpengalaman, kami siap melayani berbagai kebutuhan Anda. Untuk informasi lebih lanjut terkait layanan USG kehamilan di Rumah Sakit Jakarta RSIA Tambak, kunjungi kami di rsiatambak.com.